Rabu, 01 Desember 2010

Seratus Mata Merak

  Kalian tahu Apa itu Merak? ya merak adalah binatang yang mempunyai julukan sebagai Hewan yang mempunyain seratus mata. Kali ini kita akan membahas persoalan tentang Merak.

 
Wow, Merak memang Indah, Lihat saja ke dalam foto tersebut. Indah bukan?

  Eih..tunggu, Mata yang dimaksud itu bukan mata sungguhan lho, Tetapi, Corak pada ekor bulu Merak. Corak itu berbentuk seperti mata. Bisa Diperkirakan jumlah Corak pada ekor bulu Merak itu jumlahnya sekitar 150 sampai 200. Corak itu berwarna wari sangat indah dan berkilau. Ada warna biru, hijau, kuning keemasan, dan lain-lain.

  Saat sedang menjuntai, bulu ekor itu mirip gaun pengantin yang panjang menyapu lantai. Panjang bulu ekor Merak bisa melebihi tubuh Merak itu sendiri. Panjang tubuh merak kira-kira mencapai 90 cm sampai 130 cm. Sementara panjang ekor bulunya mencapai 150 cm hingga 180 cm. Karena itu burung Merak disebut sebagai burung terbang terbesar.

  Bulu Ekor Bermata indah itu biasannya hanya dimiliki Merak jantan. Biasannya Merak jantan mengunakannya untuk mencari perhatian Betina. Wuiiihhh... Hebat.....! Merak-merak jantan menegakkan dan mengembangkan bulu ekornya seperti kipas.  Lalu, Merak betina mencari Merak jantan yang Terbaik. Biasannya Merak Betina Memilihnya berdasarkan  Ukuran, Warna, dan Kualitas bulu ekor si Jantan.

Warna-warni  bulu Ekor Merak tidak berasal dari zat pewarna atau pigmen. Warna-warninya berasal dari kristal-kristal fotonik. Apa itu? Begini, dalam sehelai bulu terdapat tulang bulu dan serat bulu. Serat bulu disebut Barb. Lalu pada Barb terdapat rambut-rambut Mikro yang disebut Barbula. Nah, pada Barbula tersusun batang-batang tipis yang disebut Kristal Fotonik. Cahaya yang terpantul dari susunan Kristal itu menjadi Berwarna-warni Indah. Dan Jadilah ...... Bulu Ekor Merak Berwarna-warni Cemerlang!


     Fakta Merak:
  •  Ada tiga Spesies Merak di dunia.
  • Spesies Merak di Indonesia adalah Merak Hijau atau Pavo Muticus
  • Suka makan kelopak bunga dan pucuk daun
  • Suka juga makan hewan-hewan kecil, misal Laba-laba
  • Dapat Bertahan hidup hingga mencapai 20 tahun

0 Coment:

Posting Komentar